Sumber Potensi Input Data

Table of Contents

Sumber Potensi Input Data

Sumber Potensi Input Data

1. Transaksi eksternal Rutin
2. Transaksi internal Rutin
3. Transaksi non-rutin
4. menyesuaikan entri
a. akrual
b. penangguhan
c. Re-evaluasi
d. Koreksi
5. jurnal pembalik
6. jurnal penutup
Informasi Keluaran
Laporan keuangan dapat diklasifikasikan sebagai:
1. Analisis Buku Besar
Dua analisis yang dihasilkan sebagai perangkat kontrol adalah daftar jurnal umum dan laporan perubahan buku besar.
2. Laporan Keuangan
Laporan keuangan yang paling penting adalah neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Pernyataan-pernyataan yang didasarkan terutama pada informasi dalam buku besar, disediakan untuk berbagai stakeholder di luar perusahaan. Selain pemegang saham atau pemilik, informasi tersebut disediakan untuk instansi pemerintah, kreditor, calon pemilik, dan analis keuangan. Kebanyakan versi pernyataan ini disusun dan disebarluaskan untuk memenuhi kewajiban hukum. Dengan demikian SIA harus memasukkan aturan dan prosedur yang memastikan bahwa laporan keuangan dan turunannya melaporkan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.
3. Laporan Manajerial
Data yang digunakan untuk menyusun laporan keuangan juga digunakan untuk menghasilkan laporan manajerial. Namun, laporan untuk manajer cenderung lebih detail dan analitis daripada bagi para pemangku kepentingan luar. Dua kategori analisis manajerial dan laporan adalah yang didasarkan pada rekening buku besar dan yang berfokus pada pusat tanggung jawab.
a. Analisis Berorientasi akun
Analisis berdasarkan mayor, tetapi akun buku besar secara individual sering diberikan kepada manajer. Contohnya termasuk analisis penjualan rusak, turun produk atau pasar, analisis kas dipecah oleh jenis penerimaan dan pengeluaran, dan analisis piutang dipecah oleh pelanggan dan usia jumlah yang jatuh tempo.
b. Tanggung Jawab Berorientasi Laporan
Laporan pertanggungjawaban diperlukan untuk membantu dalam mengevaluasi kinerja. Sebuah laporan pertanggungjawaban yang efektif mengusut inefisiensi biaya individual atau komponen pendapatan dan memotivasi manajer yang bertanggung jawab untuk mengambil tindakan korektif.