Perkuat Pendidikan Karakter Sejak Dini

Perkuat Pendidikan Karakter Sejak Dini

Perkuat Pendidikan Karakter Sejak Dini

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), merupakan Program pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM)

Penguatan Pendidikan Karakter dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini

(PAUD), dilanjutkan dengan prioritas pada jenjang pendidikan dasar, yaitu Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Gerakan PPK pada usia dini dan jenjang pendidikan dasar ini akan diintegrasikan dengan prioritas nilai dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) sehingga terjadi perubahan yang masif dan serentak di seluruh Indonesia.

Kepala Bidang  Perencanaan Program Dinas Pendidikan Kota Bekasi Tria Rustiana  mengatakan, pada tahun ini banyak program yang akan dilakukan dari pendidikan PAUD.  Selain itu di tahun ini juga ada program untuk meningkatkan mutu kualitas gru untuk tingkat SD dan SMP.

“Program yang akan di anjurkan tahun ini berdasarkan Rencana

Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018 diantaranya ditujukan ke Pendidikan Anak Usia Dini, Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar, Peningkatan Kualitas Sekolah Infomal dan Nonformal, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, serta Manajemen pendidikan, ” ujar Tria (28/8).

Tria mengatakan, untuk program PAUD sedang dikembangkan dan dianjurkan untuk di ikuti oleh warga Bekasi.  Hal tersebut dikarenakan sebagai bentuk menanamkan nilai-nilai pembentukan karakter bangsa ke peserta didik.

“PAUD sedang di kembangkan lebih agar yang kurang mampu bisa merasakan

anaknya bersekolah PAUD. Soalnya di PAUD kan anak anak tidak hanya belajar tapi juga bermain.  Jadi dirasa ini mungkin akan baik untuk program kedepannya, ” katanya.

Selain itu, dalam meningkatan pendidikan guru, Dinas Pendidikan ota Bekasi menyiapkan workshop dan diklat seminar.  Hal itu bertujuan untuk sebagai wadah dalam meningkatkan proses pengajaran.

 

Baca Juga :