Manajemen Data

Table of Contents

Manajemen Data

Manajemen Data

Manajemen Data

1. Pendekatan Berorientasi File
a. Master File Buku Besar
File ini merupakan jantung dari database akuntansi. Setiap record menunjukkan status dari akun buku besar tunggal, serta ringkasan dari transaksi yang mempengaruhi akun.
b. File Jurnal Voucher 
File transaksi ini berisi semua rincian penting tentang setiap transaksi yang telah diposting ke buku besar selama periode berjalan.
c. History File Buku Besar
File ini berisi data aktual tentang rekening buku besar umum untuk setiap bulan selama beberapa tahun terakhir. Hal ini dapat digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan masa lalu dan informasi tren keuangan terkait.
d. Pusat Tanggung Jawab Master File
File ini berisi pendapatan aktual dan biaya untuk berbagai divisi, departemen, pusat kerja, dan pusat pertanggungjawaban lain dalam perusahaan. Hal ini digunakan dalam penyusunan laporan tanggung jawab manajer.
e. Anggaran Master File
File ini berisi jumlah yang dianggarkan dari aset, kewajiban, pendapatan, dan biaya yang dialokasikan untuk berbagai tanggung jawab pusat perusahaan.
f. Format File Laporan Keuangan 
File ini berisi informasi yang diperlukan untuk menghasilkan format dari berbagai  laporan keuangan.
2. Pendekatan Data-Base
Dalam basis data relasional, isi buku besar dan siklus pelaporan keuangan akan sangat mirip dengan file yang disebutkan di atas. Namun, data dalam setiap file akan diatur sebagai struktur record atau tabel normalisasi (hubungan). Sebagai contoh, dalam tabel buku besar, masing-masing akun akan tercermin sebagai baris dengan atribut yang sesuai, termasuk nomor rekening sebagai kunci utama, total dari debit dan kredit untuk setiap bulan selama tahun berjalan, serta jumlah dianggarkan untuk setiap bulan. Dalam perusahaan besar, atribut rekening buku besar mungkin termasuk unit organisasi sebagai divisi dan departemen, dengan unit diidentifikasi oleh kode dan digunakan sebagai kunci asing.