KEWIRASWASTAAN ADALAH

KEWIRASWASTAAN ADALAH

KEWIRASWASTAAN ADALAH

Wiraswasta merupakan kunci dalam pembangunan ekonomi

Ia adalah orang yang mempunyai kemampuan mengkombinasikan dengan tepat faktor-faktor produksi yang ada dalam negeri dan mampu menarik faktor produksi dari luar negeri.

 

Ada beberapa perbedaan

pendapat mengenai sifat fungsi wiraswasta dalam teori ekonomi, dalam perekonomian yang dikuasai negar dan wiraswasta dalam negara sedang berkembang.

 

Wiraswasta dalam Teori Ekonomi:

Ekonomi klasik memandang wiraswasta dalam hubungannya dengan resiko dan keuntungan. Ia menanggung resiko yang tidak terbatas yang hal ini memungkinkan keuntungan yang tidak terbatas.

Kewiraswastaan pada Perekonomian Kapitalis: Dalam sistem ekonomoi bebas adanya wiraswasta tergantung pada tingkat keuntungan dan iklim atau suasana sosial. Kemungkinan untuk memperoleh keuntungan pada tingkat yang dianggap cukup dengan mengingat tingkat bunga dan besarnya resiko merupakan syarat penting untuk menarik wirasawasta.

Kewiraswastaan pada perekonomian yang dikuasai pemerintah: Di negara di mana perekonomian sepenuhnya dikuasai oleh pemerintah, wiraswasta yang kreatif dan beremotivasi disentralisir dalam badan-badan pemerintah bagian perencanaan.

Kewiraswastaan di negara sedang berkembang: Negara sedang berkembang tidak mengalami kekuatan semangat berdagang, sehingga wiraswasta sebaiknya diperluas tidak hanya dalam bidang perdagangan tetapi juga dalam bidang-bidang pembangunan.

Baca Juga :