Kemendikbud Dukung PPK Lewat Pendidikan Seni Musik

Kemendikbud Dukung PPK Lewat Pendidikan Seni Musik

Kemendikbud Dukung PPK Lewat Pendidikan Seni Musik

Kemendikbud — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkomitmen untuk mendukung intrakulikuler terutama seni musik dan budaya. Dengan adanya seni musik dan budaya pada pendidikan, diharapkan dapat menjadi instrument utama dan berpengaruh besar dalam memperkuat karakter siswa pada program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

“Dalam PPK yang dituangkan oleh Presiden, semua kegiatan intrakulikuler

, kokurikuler, ekstrakulikuler wajib dijadikan instrumen untuk pendidikan karakter anak. Kemudian intrakulikuler yang sekarang kita dorong kembali melalui pendidikan keagamaan, pendidikan pancasila, dan kewarganegaraan termasuk juga pendidikan di bidang seni dan budaya” ujar Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad pada acara penyerahan simbolis bantuan alat musik Yamaha untuk sekolah dasar di Plaza Insan Berprestasi, Kemendikbud, Jakarta (14/9/2017).

Dirjen Hamid juga menambahkan untuk pendidikan seni dan budaya, selama ini kurang mendapat perhatian dalam dunia pendidikan hal inilah yang akan kita kuatkan untuk menjadi instrument utama kita dalam pendidikan penguatan karakter.

“Pendidikan seni bersifat inklusif, anak yang diajarkan kesenian musik secara tidak langsung mereka dilatih masalah disiplin, selain itu mereka juga dilatih tentang mengapresiasi karya seni, memperhalus budi,” tuturnya.

Guru Sekolah Dasar Negeri 05 Cilandak Timur, Ulfa Nurida

yang turut hadir mendampingi muridnya pada saat penyerahan alat musik menyampaikan bahwa metode pembelajaran saat ini 70% pendidikan karakter, 30% untuk akademis.

“Jadi pendidikan karakter banyak kita tanamkan, terutama melalui perkembangan seni musik dan budaya ini banyak sekali membantu dalam penguatan karakter siswa. Melalui kegiatan musik dan budaya ini pendidikan karakter lebih banyak tertanam, terutama dari segi sikap, sopan santun kemudian melalui kegiatan musik dan budaya ini diharapkan dapat meluas ke hal-hal yang positif terutama pada olah rasa,” jelas Ulfa.

Salah satu upaya dalam pembangunan karakter bangsa

adalah melalui harmonisasi olah rasa (estetik) yaitu melalui seni musik. Kemendikbud dan PT. Yamaha Music Indonesia Distributor (YMID) bekerjasama dalam mendukung program PPK dengan tujuan untuk memperkuat karakter siswa melalui pembelajaran seni musik dan budaya. (Faradh Giffari Destio/Aji Shahwin)

 

Baca Juga :