Kebijakan Pemerintah Mengenai Harga BBM Dan Sejarahnya

Kebijakan Pemerintah Indonesia Mengenai Harga BBM Dan Sejarahnya

Kebijakan Pemerintah

Kebijakan-Kebijakan Pemerintah Indonesia Mengenai Harga BBM

Di Indonesia Naik turunnya harga minyak dunia, mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam hal harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam negeri, penurunan harga BBM minyak tentunya akan memberikan dampak yang positif terhadap kehidupan masyarakat tetapi ketika harga BBM naik, masyarakat akan merasakan kehidupan yang lebih sulit. Untuk itu, sebelum pemerintah memutuskan untuk mengeluarkan kebijakan untuk menaikan harga BBM di dalam negeri. Pemerintah harus memberikan pemahaman dan pengertian mengenai kebijakan kenaikan harga BBM serta dampaknya terhadap APBN-P, ekonomi dan sosial masyarakat, walaupun berat bagi pemerintah untuk menaikan harga BBM, akan tetapi apabila harga BBM harus dinaikan secara terbatas hendaknya pada tingkat yang masih dapat ditanggung oleh masyarakat dan dunia usaha juga dilakukan kebijakan kompensasi bagi masyarakat miskin

Sejarah Kebijakan-Kebijakan BBM di Indonesia 

Seperti definisi sebelumnya dari tahun ke tahun harga Bahan Bakar Minyak di Indonesia cenderung naik, di karenakan kenaikan harga minyak dunia, dicabutnya subsidi dari harga BBM, pasokan dan produksi yang berkurang dan konsumsi yang meningkat, BBM sudah menjadi konsumsi utama masyarakat manusia, sehingga semahal apapun harga BBM pasti akan tetap menjadi konsumsi umum. Pemerintah mencabut subsidi BBM dengan tujuan untuk memindahkan anggarannya kepada kemiskinan dan pendidikan, tetapi walaupun begitu harga BBM masih bisa turun dibandingkan harga sekarang, bila mau dihitung dan di kalkulasikan dengan harga minyak dunia sekarang. Maka masyarakat tidak akan terlalu terbebani dengan kenaikan harga bahan-bakar minyak khususnya premium dan minyak tanah Naik turunnya harga BBM di Indonesia sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia pada tahun 2000-2007, kenaikan BBM akan mengurangi pendapatan masyarakat.

Bahan Bakar Minyak

Untuk memperlihatkan perkembangan naik turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia bisa dilihat dari tabel berikut ini; Fluktuasi harga minyak dunia mempengaruhi secara tidak langsung Fluktuasi harga BBM di Indonesia, yang lainnya adalah dicabutnya subsidi BBM oleh pemerintah sebagai upaya untuk mengalihkan cadangan APBN untuk meningkatkan aspek lainnya seperti pementasan kemiskinan dan pendidikan, subsidi yang asalnya dibayarkan untuk BBM ada yang dijadikan untuk membiayai Bantuan Langsung Tunai (BLT) sehingga harga BBM dalam negeri cenderung naik, apalagi karena harga minyak dunia yang mengalami kenaikan yang mencolok pada bulan Juli 2008 dan hanya mengalami penurunan yang tidak terlalu signifikan bila dibandingkan dengan penurunan harga minyak dunia di dunia yang menurun drastis, pada November 2008.
Disini kita bisa lihat perbandingan harga premium antara Singapura dan Indonesia dan juga terlihat perbedaan respon terhadap harga minyak dunia, harga premium singapura cenderung lebih fluktuatif bila dibandingkan dengan harga premium di Indonesia. Melonjaknya harga minyak dunia pada pertengahan tahun 2008 di tanggapi sama antara Singapura dan Indonesia dengan menaikan harga premium dalam negeri tetapi respon terhadap penurunan harga minyak dunia oleh Singapura lebih cepat bila dibandingkan dengan Indonesia. Penurunan harga minyak dunia yang terus menerus pada bulan Juli 2008 dan seterusnya diikuti dengan penurunan harga premium di Singapura yang juga terus menerus seiring regulasi yang dilakukan OPEC dengan meningkatkan kuota produksi dari Negara-negara anggota.
Dari harga yang hampir mencapai 9000 rupiah perliter turun hingga 3000 rupiah perliter, penurunan yang hampirmencapai 66% dari harga bulan Juli. Sedangkan di Indonesia pemerintah hanya mencapai 25 % dari harga 6000 rupiah perliter pada bulan Mei diturunkan menjadi 4500, 25 % perliter pada bulan Januari 2009. kenaikan ini juga dipengaruhi oleh naiknya harga minyak dunia di pasar minyak dunia, sehingga pemerintah Indonesia dengan terpaksa harus menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam negeri.
Hampir tiap tahun harga minyak dunia dan harga BBM naik, yang kadang menyebabkan permasalahan di dunia dan permasalahan bagi rakyat-rakyat miskin khususnya di Indonesia. Kebijakan pemerintah dari harga BBM dapat terlihat dari berbagai kendala atau permasalahan yang muncul pada saat kebijakan itu dibuat karena kebijakan itu merupakan strategi suatu negara dalam mengatasi suatu persoalan dalam rangka memenuhi kebutuhan domestiknya dan pencapaian tujuan nasionalnya.