Kajian Rempah dan Pulau Kecil Jadi Fokus Penelitian Unpatti

Kajian Rempah dan Pulau Kecil Jadi Fokus Penelitian Unpatti

Kajian Rempah dan Pulau Kecil Jadi Fokus Penelitian Unpatti

Yang menjadi prioritas utama penelitian unggulan saat ini pada Lembaga Penelitian Universitas Pattimura

Ambon adalah Kajian Rempah-rempah dan Pulau-pulau Kecil.

Demikian penegasan Ketua Lembaga Penelitian Universitas Pattimura Prof. DR. Rafael M. Osok kepada wartawan di ruang kerjanya Rabu (1/7).

Menurut Osok, pada payung penelitian yang dilakukan Lembaga ini dijabarkan pada beberapa payung penelitian, yang juga dijabarkan pada penelitian unggulan Unpatti.

Untuk tahun 2015 berfokus pada kompetensi dosen di Unpatti karena kapasitas dosen-dosen

saat ini sangatlah bagus, sehingga dalam memanfaatkan tenaga dosen yang ada kini pihaknya membuat 8 riset unggulan.

Ke 8 kajian unggulan itu diantaranya: kajian Kelautan dan Kemaritiman, kajian Pengelolaan Perikanan dengan pendekatan ekosistem pulau-pulau kecil, kajian Pangan, bagaimana produk menjadi industri, kajian Rempah-rempah, karena sumber daya alam di Maluku bisa dimanfaatkan menjadi obat dan ada SDM yang bisa melaksanakan penelitian di bidang tersebut.

Ada pula kajian tentang Lingkungan, Bencana dan Adaptasi perubahan iklim

, karena saat ini sementara menjadi isu global karena perubahan iklim tersebut harus diantisipasi karena banyak sekali terjadi kasus kenaikan air laut yang mana pulau-pulau kecil menjadi terancam.

Ada kajian Nano Berbasis Teknologi dan Rekayasa Inovasi dimana untuk rekayasa Inovasi sudah ada peneliti yang mampu membuat rumah yang bertahan terhadap gempa.

Kajian terakhir menurut Osok adalah Pendidikan, Budaya dan Kearifan lokal seperti Sasi dan beberapa lainnya akan dikaji lebih mendalam oleh para dosen-dosen di Universitas Pattimura.

Untuk menjawab fokus-fokus penelitian ini, Lembaga akan menambah pusat-pusat studi yang baru bagi kelompok peneliti-peneliti yang mempunyai kompetensi pengalaman penelitian yang sama.

Dicontohkan, pada bidang Kelautan dan Maritim pihaknya mempunyai kelompok peneliti dari Fakultas Perikanan, Fakultas Teknik dan Fakultas Hukum.

Dana untuk penelitian ini secara rutin Lembaga mendapat bantuan dari Kementerian terkait di Pusat, dan dana dari Universitas.

Selain itu Pemda Maluku mempunyai perhatian cukup besar melalui kerja sama antara Unpatti dengan beberapa Dinas Provinsi dan hingga kini tidak ada kendala yang dihadapi oleh Lembaga Penelitian Unpatti.(TM05)

 

Sumber :

https://zalala.co.id/malam-lailatul-qadar/