Jenis Jenis Hacker Beserta Penjelasannya

Jenis Jenis Hacker Beserta Penjelasannya

Jenis Jenis Hacker Beserta Penjelasannya

Hacker dikelompokkan ke dalam lima jenis, berikut ini pembagiannya berdasarkan jenis aktivitas yang dilakukan:

White Hat Hacker

White hat hacker adalah hacker yang memegang teguh standar etika, akses ke sistem komputer dilakukan bukan untuk tujuan yang merugikan, tetapi untuk menguji ketahanan sistem tersebut. Jadi, hacker jenis ini senang mempelajari sistem, bahkan banyak dari mereka yang disewa sebagai konsultan keamanan. White hat hacker inilah adalah hacker yang sebenarnya.

Black Hat Hacker

Black Hat Hacker adalah jenis hacker yang aktivitasnya menerobos sistem keamanan komputer untuk melakukan kerusakan, seperti: menghapus file, pencurian identitas, penipuan kartu kredit, dan berbagi aktvitas merugikan lainnya. Hacker jenis ini disebut juga sebagai cracker.

Grey Hat Hacker

Grey Hat Hacker adalah orang yang menganut standar etika ganda dalam aktivitas hackingnya. Sekali waktu mungkin hacker ini menjunjung etika hacker, namun di waktu yang lain aktivitasnya melanggar batas-batas hukum. Jadi, kelompok ini berada di antara white hat hacker dan black hat hacker.

Script Kiddie Hacker

Script Kiddie Hacker adalah orang yang tidak mahir dengan sistem komputer, namun orang ini mampu menerobos sistem komputer dengan menggunakan software atau tools yang dibuat orang lain.

Hacktivist Hacker

Hacktivist Hacker adalah jenis hacker yang menggunakan kemampuannya untuk menyebarkan pesan–pesan tertentu (politik, agama, ideologi, dll). Mereka melakukan website deface untuk menampilkan pesan mereka di website korban.


Sumber:

https://www.dosenpendidikan.co.id/