Guru Pun Akan Dimutasi Antar Sekolah dalam Satu Zona, Ini Sebabnya

Guru Pun Akan Dimutasi Antar Sekolah dalam Satu Zona, Ini Sebabnya

Guru Pun Akan Dimutasi Antar Sekolah dalam Satu Zona, Ini Sebabnya

– Pemerintah rupanya tak tanggung-tanggung dalam upaya memeratakan

kualitas pendidikan di tanah air. Setelah digulirkannya sistem zonasi, kini para guru pun suatu ketika dapat dimutasi antar sekolah dalam satu zona, sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menerapkan rotasi wilayah tugas guru untuk pemerataan kualitas tenaga pengajar.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, Kemendikbud merancang program tour of duty dan tour of area.

Menurut dia, mutasi juga dialami Aparatur Sipil Negara (ASN) selain guru. Adapun mutasi ASN diatur dalam pasal 37 Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.
Baca Juga : Paskibraka yang Grogi Malah Dapat Sepeda dari Jokowi

Kemendikbud pun telah menerbitkan peraturan menteri tentang mutasi guru.

Ia berharap, guru yang belum memiliki kualitas cukup baik bisa meningkatkan kapasitas dengan bimbingan sesama guru yang lebih unggul. Dengan demikian, mutu guru di berbagai wilayah dapat setara.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Supriano menjelaskan, sistem zonasi pada penerimaan siswa baru akan berdampak pada penyebaran guru di dalam satu zona.

Pasalnya, tujuan utama program zonasi adalah hilangnya cap sekolah favorit. Untuk itu, kualitas pengajaran di semua sekolah idealnya sama. Sementara itu, salah satu faktor utama penentu kualitas pengajaran adalah guru.

Oleh karenanya, Kemendikbud berupaya melakukan pemerataan kualitas tenaga

pengajar dengan melakukan mutasi guru.
Baca Juga : Bajakah Marak Dijual Online, Harga Fantastis, Catat Jangan Asal Konsumsi Jika Salah Bahaya

“Guru di sekolah favorit juga akan dipindahkan ke sekolah umum supaya kualitas pendidikan merata. Semua guru punya hak dan kewajiban sama sebagai ASN, siap ditempatkan di mana saja,” kata Supriano beberapa waktu lalu.

 

Baca Juga :