Evaluasi dan Follow Up

Table of Contents

Evaluasi dan Follow Up

Evaluasi dan Follow Up

Cara manapun yang ditempuh, evaluasi atas usaha pemecahan masalah seyogyanya dilakukan evaluasi dan tindak lanjut, untuk melihat seberapa pengaruh tindakan bantuan (treatment) yang telah diberikan terhadap pemecahan masalah yang dihadapi siswa. Berkenaan dengan evaluasi bimbingan, Depdiknas telah memberikan kriteria-kriteria keberhasilan layanan bimbingan belajar, yaitu :

–          Berkembangnya pemahaman baru yang diperoleh siswa berkaitan dengan masalah yang dibahas.

–          Perasaan positif sebagai dampak dari proses dan materi yang dibawakan melalui layanan.

–          Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh siswa sesudah pelaksanaan layanan dalam rangka mewujudkan upaya lebih lanjut pengentasan masalah yang dialaminya.

–          Sementara itu, Robinson dalam Abin Syamsuddin Makmun (2003) mengemukakan beberapa kriteria dari keberhasilan dan efektivitas layanan yang   telah diberikan, yaitu  apabila (a) Siswa telah menyadari (to be aware of) atas adanya masalah yang dihadapi.(b) Siswa telah memahami (self insight) permasalahan yang dihadapi. (c) Siswa telah mulai menunjukkan kesediaan untuk menerima kenyataan diri dan masalahnya secara obyektif (self acceptance). (d) Siswa telah menurun ketegangan emosinya (emotion stress release). (e) Siswa telah menurun penentangan terhadap lingkungannya. (f) Siswa mulai menunjukkan kemampuannya dalam mempertimbangkan, mengadakan pilihan dan mengambil keputusan secara sehat dan rasional. (g) Siswa telah menunjukkan kemampuan melakukan usaha –usaha perbaikan dan penyesuaian diri terhadap lingkungannya, sesuai dengan dasar pertimbangan dan keputusan yang telah diambilnya

Sumber : https://cialis.id/