Desak Pemprov Gratiskan Pendidikan

Desak Pemprov Gratiskan Pendidikan

Desak Pemprov Gratiskan Pendidikan

 Pemerintah Kota Bekasi akan melakukan negosiasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat

, agar menggratiskan biasa pendidikan untuk sekolah tingkat SMAN dan SMKN. Pasalnya, sejak diambil alih pengelolaan pendidikan oleh provinsi Jawa Barat tahun 2017 lalu, siswa kembali dibebankan biaya pendidikan.

Padahal sebelumnya, pemerintah Kota Bekasi sudah membebaskan biaya pendidikan untuk siswa SMKN dan SMAN. Pemerintah Kota Bekasi sudah berkali-kali meminta kepada Provinsi Jawa Barat, untuk diringankan atau diberikan pengelolaan kembali SMA Negeri ini.

“Kami akan bernegosiasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat agar pendidikan SMA di Kota Bekasi diberikan subsidi, sehingga cita-cita wajib belajar 12 tahun terealisasi.”kata walikota Bekasi Rahmat Effendi.

Menurutnya, Kota Bekasi menjadi penyumbang Pajak Kendaraan Bermotor

(PKB) Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) terbesar kedua di Jawa Barat. Jumlahnya mencapai Rp 1,8 triliun, sehingga layak mendapat perlakuan khusus.

“Kami memohon ada perlakuan khusus kepada Kota Bekasi, untuk menggratiskan SMA/SMK yang dua tahun lalu sudah kami gratiskan,” ungkapnya.

Rahmat Effendi berharap, dari total 70 persen dana PKB, BBNKB Kota Bekasi

yang diserap oleh Provinsi Jawa Barat, 20 persennya dialokasikan untuk menolong biaya pendidikan siswa SMA Negeri sederajat di Kota Bekasi.

“Insya Allah mulai tahun depan ini bisa direalisasikan. Saya sudah sampaikan kepada Pak Gubernur. Jadi kita minta 20 persen dari 70 persen itu dilimpahkan untuk anak-anak Kota Bekasi. Dua tahun lalu Kota Bekasi sanggup kok membebas biayakan pendidikan SMA,” tegasnya.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/