APLIKASI PERANGKAT LUNAK

Table of Contents

APLIKASI PERANGKAT LUNAK

APLIKASI PERANGKAT LUNAK

Kita telah bahas pada bagian-bagian sebelumnya bahwa software telah berevolusi dan menjadi salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Penerapannyapun telah menjangkau hampir seluruh aspek kehidupan. Sehingga akan sangat susah untuk mengkategorikan software dalam kategori-kategori tertentu. Berikut ini salah satu contoh pengkategorian perangkat lunak menurut Roger S. Pressman :

  • Perangkat Lunak Sistem ; Perangkat lunak sistem merupakan sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program yang lain di semua level. Pada umumnya, area perangkat lunak sistem ditandai dengan eratnya interaksi dengan perangkat keras komputer, penggunaan multiuser, struktur-struktur data yang kompleks, interface eksternal ganda, dan operasi konkuren yang membutuhkan penjadwalan, transfer, dan pengaturan proses yang canggih. Contohnya : sistem operasi.
  • Perangkat Lunak Real-Time ; Perangkat lunak real-time adalah program-program yang memonitor, menganalisis, dan mengontrol kejadian dunia nyata pada saat terjadinya. Sehingga perangkat lunak real-time mencangkup komponen pengumpul data yang berfungsi mengumpulkan data dari lingkungan eksternal, komponen analisis yang mentransformasi informasi pada saat dibutuhkan oleh aplikasi, dan komponen kontrol/output yang mengkoordinasi komponen-komponen lainnya dan memberi respon kepada lingkungan eksternal.
  • Perangkat Lunak Bisnis ; Perangkat lunak bisnis merupakan aplikasi perangkat lunak yang paling luas. Aplikasi pada area ini menyusun kembali struktur data yang ada dengan suatu cara tertentu untuk memperlancar operasi bisnis atau pengambilan keputusan manajemen. Aplikasi perangkat lunak bisnis juga meliputi penghitungan client/server serta perhitungan interaktif. Contoh : sistem payroll.
  • Perangkat Lunak Teknik dan Ilmu Pengetahuan ; Perangkat lunak teknik dan ilmu pengetahuan ditandai dengan algoritma number crunching yang aplikasinya meliputi berbagai macam disiplin ilmu. Namun aplikasi dalam teknik dan ilmu pengetahuan tengah bergerah menjauhi algoritma numeris yang konvensional dan mulai menyatu dengan perangkat lunak jenis lainnya. Contoh : Automotive Stress Analysis.
  • Embedded Software ; Embedded software adalah perangkat lunak yang menyatu secara permanen dengan suatu hardware (berada pada chip/EEPROM hardware). Software ini digunakan untuk mengkontrolhardware dan melakukan fungsi-fungsi penting. Contoh : Mircrowave oven.
  • Perangkat Lunak Komputer Personal ; Perangkat lunak komputer personal adalah perangkat lunak yang bekerja pada komputer desktop secara personal. Keberadaan software ini mengikuti tuntutan pasar akan keberadaan personal computer yang berkembang pesat selama satu dekade terakhir.
  • Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan ; Perangkat lunak kecerdasan buatan menggunakan algoritma non-numeris untuk memecahakan masalah kompleks yang tidak sesuai untuk perhitungan atau analisis secara langsung. Aplikasi jenis ini telah merambah berbagai bidang dan memunculkan artificial neural network yang menjadi tahap baru dalam pengembangan perangkat lunak. merupakan aplikasi perangkat lunak