Apa-apaan, penilaian SaaS?

Apa-apaan, penilaian SaaS?

 

 

Apa-apaan, penilaian SaaS

Apa-apaan, penilaian SaaS

Saham SaaS kembali lagi, dan saya pikir saya sudah menemukannya.

Lebih tepatnya saya pikir saya sudah tahu apa yang orang lain pikirkan sedang terjadi. Setelah melakukan pengecekan fakta secara saksama dengan membaca tweet, membuat VC berbicara dengan saya di telepon, dan mengobrol dengan CEO perusahaan cloud senilai $ 27 miliar pagi ini, semuanya masuk akal.

Beberapa latar belakang untuk memulai, saya pikir.

Hari ini, Jumat 21 Mei, sehari setelah ekonomi kehilangan 2,4 juta pekerjaan lagi , membuat penghitungan COVID-19 kehilangan pekerjaan menjadi hampir 40 juta, SaaS dan saham cloud mencapai lagi rekor tertinggi sepanjang masa, sebagaimana diukur oleh Bessemer indeks cloud.

Keranjang saham tertentu itu adalah hal terbaik yang harus kita pahami bagaimana investor publik menilai perusahaan SaaS pada saat tertentu. Dan saat saya membuat Anda membaca ad mual , penilaian SaaS publik memengaruhi penilaian SaaS pribadi; mekanismenya agak lambat, seperti yang dijelaskan Bessemer’s Mary D’Onofrio di sini , tetapi ketika SaaS saham naik atau turun, valuasi SaaS startup juga bergerak.

Rekor lain hari ini setelah beberapa catatan sebelumnya minggu ini tampak aneh, mengingat dunia. Tentu, pasar

saham sebagian besar pulih dari era terendahnya, COVID-19 yang didorong oleh rendahnya Maret, tetapi rekor baru yang berurutan lebih suram daripada sekadar bekerja untuk kembali ke flat, karena kohort ekuitas publik lainnya umumnya dikelola (tidak semua, pikiran ).

Bahwa kita berada pada rekor lebih dari ideku, atau Bessemer – Meritech Capital menulis awal minggu ini bahwa “kita sekarang duduk di puncak sepanjang masa penilaian SaaS publik di tengah-tengah pandemi global.” Tetapi jangan berpikir bahwa penilaian ini didasarkan pada perusahaan yang menjanjikan pertumbuhan lebih besar. Seperti yang dilaporkan dalam laporan Meritech yang sama: “Secara umum, pandangan bisnis-bisnis ini tidak banyak berubah sejak Februari, kecuali untuk pendapatan Q1 di mana, dalam hampir semua kasus, manajemen melambaikan bendera peringatan kuning kepada investor dan menarik atau menurunkan pedoman. ”

Liar, kan?

Ada beberapa tanda peringatan bahwa pertumbuhan akan melambat, seperti yang dicatat oleh Redpoint’s Jamin Ball di Twitter:

Jamin Ball
@jaminball
35/38 cloud businesses with March Quarter ends beat revenue expectations (and 1 of the 3 that didn’t was Eventbright). Today 2 cloud businesses reported April quarter ends and neither beat expectations, and Splunk guided 5% under next Q. Covid starting to show its effects

11
6:11 AM – May 22, 2020
Twitter Ads info and privacy
See Jamin Ball’s other Tweets
Tapi siapa peduli! Bukan pasar. Sudah waktunya untuk beberapa catatan sialan baru , kalian semua.

Mari kita bicarakan mengapa ini semua terjadi.

The Hybrid Theory Of COVID-19 Era SaaS Valuasi
Ini adalah posting ketiga saya di apa yang saya kira sekarang adalah seri tentang hal ini ( lebih lanjut di sini dan di sini ), jadi kami sebagian besar membangun fondasi sebelumnya sambil menambahkan sedikit.

Inilah argumen singkatnya:

Investor ingin membeli ke pertumbuhan, dan sementara banyak perusahaan berjuang untuk tumbuh sama sekali,

digital lainnya masih berkinerja cukup baik, sehingga modal mengalir dari ekuitas lain ke saham perusahaan digital, banyak di antaranya adalah perusahaan SaaS. Tren ini dipercepat oleh:
ZIRP, atau era uang gratis. Setelah satu detik panas dari kenaikan suku bunga (dengan cepat dikalahkan oleh POTUS dan kemudian dihantam oleh ekonomi yang jatuh bebas), uang sekali lagi tidak ada biaya dan dengan demikian hasilnya adalah sampah panas. Ini telah menyebabkan investor mencari tempat untuk mengisi lucre mereka yang mungkin memberikan semacam pengembalian. Jadi, modal bergerak menjauh dari hal-hal yang lebih aman (omong kosong, aman!) Dan malah mengalir di mana beberapa pengembalian mungkin ditemukan. Seperti SaaS.
Dua poin di atas (agak terkait) dibuat sedikit lebih masuk akal oleh fakta bahwa transformasi digital yang dilakukan oleh CEO dan CTO dan setiap webinar yang pernah diundang sekarang berjalan dengan kecepatan warp. Seperti, tidak ada omong kosong, itu adalah hal yang nyata, bukan hanya sesuatu yang Levie tweet tentang ketika angka pertunangannya menurun. Akselerasi itu membuat investor sangat bersemangat tentang apa yang mungkin terjadi kemudian. Jadi saham SaaS naik.
Pagi ini saya menghabiskan 30 menit bermain-main dengan CEO Splunk, Doug Merritt . Itu berjalan cukup baik. Setelah menggali laporan pendapatan perusahaannya (transformasi SaaS berlanjut, beberapa pengakuan pendapatan menghadang, banyak uang tunai, pertumbuhan ARR yang baik, dan perusahaan menghabiskan banyak dana untuk para pekerja, yang saya gali) Saya bertanya kepadanya apakah transformasi digital hal-hal yang dia sebutkan dalam surat pendapatan Splunk sebenarnya membuat barang-barang bergerak ke cloud lebih cepat, dan dengan demikian meningkatkan saham SaaS.

Dia menyetujui.

Jadi, apa yang mendorong rally SaaS, memperluas valuasi ke tingkat komikal – ingat bahwa kami selalu menilai SaaS

dan perusahaan cloud pada pendapatan, dan bukan kelipatan untung, jadi mereka selalu dinilai pada kurva yang nyaman – adalah dua bagian keserakahan (modal rotasi menjadi saham SaaS dari ekuitas lain, dan ZIRP membatasi pengembalian hanya ke beberapa aset aset) dan satu bagian akal sehat (jika perusahaan SaaS mengendarai tren transformasi digital, akselerasi darinya dapat meningkatkan prospek pertumbuhan jangka panjang mereka).

Oke?

Pokoknya saya sedang liburan untuk minggu depan segera setelah ini menyentuh internet. Bersenang-senanglah, semuanya, dan beri tahu saya apa yang terjadi pada saham SaaS. Cukup yakin pasangan saya akan mengakhiri saya jika saya terus mempercepat di pasar saham ketika saya seharusnya tidur siang. Pelukan.

Baca Juga: